Saturday 15 December 2007

BAYI BANYAK KERINGAT


Anak perempuan saya (11 bulan) sering keluar keringat yang cukup banyak. Kadang-kadang mengucur deras seperti habis berolahraga. Keringatnya banyak keluar terutama pada waktu makan, minum dan tidur. Sehingga saya selalu siap dengan lap handuk. Padahal daerah tempat tinggal saya cukup dingin dan orang dewasa yang ada di rumah juga tidak pernah berkeringat sebanyak itu. Pertanyaan selanjutnya, anak saya sering menggaruk-garuk matanya yang sebelah kanan. Tapi tidak terlihat adanya kelainan, seperti belekan dan lain-lain. Perlukah saya ke dokter mata atau hanya diberi salep saja? Salep apa yang aman untuk anak seusianya. Anak saya masih minum ASI ditambah susu formula.
Komariah Sutanto - Depok
Bu Komariah, pengeluaran keringat pada tiap anak berbeda- beda. Ada anak yang sangat banyak berkeringat sehingga di ruang ber-AC yang sejuk pun masih berkeringat. Ada juga yang kurang. Perlu juga diketahui apakah keringat berlebihannya sudah ada sejak dulu (menandakan faktor bawaan) atau timbul belakangan yang menandakan ada sesuatu keadaan atau penyakit yang menimbulkan gejala tersebut. Keringat yang berlebih dapat disebabkan oleh stres, penyakit hipertiroid (fungsi kelenjar gondok yang berlebih), gula darah yang rendah, obesitas (kegemukan) atau reaksi setelah makan terutama makanan yang panas atau pedas. Pada sebagian anak, penyebab keringat berlebih tidak diketahui sebabnya (idiopatik) . Bagaimana berat anak ibu? Jika ia terlalu gemuk mungkin wajar jika banyak berkeringat. Jika ia terlalu kurus perlu diwaspadai kemungkinan adanya penyakit seperti hipertiroid (fungsi kelenjar gondok yang berlebih, penyakit ini relatif jarang) atau penyakit paru seperti TBC (biasanya keringat malam). Mata yang sering digaruk mungkin menandakan adanya iritasi atau alergi. Sebaiknya ibu membawanya ke dokter anak untuk diperiksa lebih lanjut tentang mata dan keringatnya. Tidak ada salahnya jika ibu mau membawanya ke dokter mata untuk diperiksa matanya

Mengenal Azas Kewarganegaraan di Korea selatan

Ada yang bertanya kepada saya tentang Kewarganegaraan Anaknya yang lahir di Korea, atas pernikahan sesama WNI di Korea. Juga kebetulan pas...