Thursday 7 November 2013

Sejarah dan Kehidupan saya di Korea ( I )

 Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, unik, dan penting.
  • Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.
  • Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang persis sama untuk kedua kalinya.
  • Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak.

Iya, sejarah..begitu juga dengan saya pribadi ,tak pernah lepas dengan namanya sejarah.
Tidak bisa di pungkiri bahwa sejarah dalam Hidup saya adalah penentu saya hingga seperti sekarang
Saya adalah anak no 5 bersaudara yang semuanya adalah Wanita, dan akhirnya bapak mengangkat seorang anak Laki laki yang sampai sekarang menjadi adik saya.
Dan Saya terlahir dari orang tua yang sangat luar biasa, dan kami terlahir dari keluarga yang berkecukupan dan penuh  kesederhanaan. 
Bapak(Almarhum) Saya adalah seorang Pensiunan Perwira Polisi berpangkat terakhir Kapten, dan ibu saya adalah seorang Pensiunan pegawai negeri di bidang kesehatan.
Cita cita saya saat itu adalah menjadi seoarang Polwan, ya.. Polisi Wanita,  yang karena melihat keseharian bapak berpakain dinas yang sangat gagah.
Dan saat remajapun saya sepertinya di bentuk bapak untuk menjadi layaknya seorang anak laki laki.
Bagaimana tidak ..rambut saya selalu potong pendek, dan saya suka sekali benahi genting bila ada yang bocor.. Dan kesukaan saya saat masih remaja adalah bermain layang layang (hhahahahaha)
Tetapi saya juga tak bisa lepas dari nurani kewanitaannya..saya suka mengatur perabotan rumah, Beberes rumah..dan setrika baju adalah pekerjaan yang saya sukai dan satu lagi saat remaja hingga dewasa saya adalah anak yang tidak suka keluyuran, dan hobi saya adalah membaca sambil mendengarkan lagu lagu dari tape player atau  Cd player.
Dan dari 5 saudara saya , saya adalah anak yang paling hitam kulitnya di banding dengan kakak kakak saya. dan Saat itu kakak2 saya semua mempunyai keahlihan masing masing.
Saat itu saya selalu berfikir kenapa kakak2 saya semua putih2 dan cantik, sedang saya hitam? nah..tetapi saat itu saya berfikir lain..saya harus bisa lebih dari semuanya walau saya hitam, jelek(hahahhahah nyadar sekali saya kwkwkwkw)..Dan saat itu saya sangat punya semangat untuk belajar dan belajar ..dan akhirnya prestasi di sekolah juga tdk mengecewakan. Yang pada intinya saat itu saya ingin membuat bangga bapak saya.
Dan saat menginjak dewasa dan masuk kuliah, saat itu saya gagal untuk daftar di kepolisian karena saya berkaca mata dan gigi berubang(sebab saat itu mata sehat tdk minus, dan gigi sehat tdk berlubang adaah salah satu syarat masuk kepolisian).
Dan akhirnya saat itu saya masuk daftar di salah satu universitas di Surabaya UPN Veteran, ambil fak Pertanian..tetapi saat mau orientasi, saya ada panggilan di salah satu Universitas di kota Malang, di Fakultas Hukum. Dan bapak lebih mendukung saya ambil yang fakultas Hukum.
Dan Singkat cerita. Saat lulus Kuliah tidak gampang mencari pekerjaan, akhirnya saya memutuskan untuk berwiraswasta dan saat itu saya ambil perternakan dengan  teman..tetapi pada th 1998, terjadi Krismon..kena imbas juga usaha kami..yang akhirnya habis.
Dan karena keputus asaan kami..maka saat itu kami berlima, memutuskan untuk hengkang dari Indonesia..dan tujuan utama adalah Amerika Serikat, dan karena pengurusan Visa sangat sulit, dan dengan agen travel yang mengurus dia arahkan ke Korea Selatan dan akhirnya kami berlimapun bisa masuk ke Korea dengan visa Wisata atau touris yang mana visa berlaku sampai 3 bulan saja. kami masuk tak 2002,
Dan Saat itu kami tidak tahu apa itu negeri Korea, kami bagaikan seorang anak yang di lepas di tengah keramaian yang tidak tahu kiri kanan dunia.
Dan sayapun pernah menjadi seoarang pendatang Ilegal beberapa bulan(bulan 9 th 2002 saya masuk Korea, bulan 2 th 2003) ada pemutihan dari Mantan presiden Rou mu yeon. Dan bagi saya beliaunya yang awal mengukir sejarah saya hingga saya bisa stay di Korea ini. Dan saat mendengar beliau meninggal dunia( karena Bunuh diri) sayapun ikut menangis sedih dengan kepergian beliau, beliau sosok yang sederhana yang sangat meperhatikan warga negara Asing di negerinya
Dan saat menjadi seoarang Ilegal saya pun pernah merasa ketakutan dengan status saya. Saya pernah lari dari perusaahan di mana saya bekerja karena tidak sesuai gajinya. Dan masih lengkat diingatan, saya lari dengan teman wanita satu pekerjaan saya, di mana saat itu musim dingin yang luar biasa dinginnya dengan membawa koper (kwkwkkwwk,, benar benar kenangan tak terlupakan.)
Dan Pada akhirnya th 2003 lah saat di Perusahaan HP terbesar saat itu di Innozt, saya bisa memiliki visa legal dg jenis visa E-9. Dan kerena perusahaan mengalami pailit akhirnya saya minta pindah dan di beri pindah sama Nodongbu(Depnaker Korea) di Perusahaan di Nandong(Ilya Hi teck)Perusahaan Plastik Injeksition yang mana kerjanya ada shiff siang malam., Betapa saat itu sangat berat bagi saya yang tidak pernah mengalami yang namanya kerja malam dengan pekerjaan dengan mesin yang super duper besar, Hampir putus asa saat itu,
Dan saya hanya bisa mengadu dan curhat dengan bapak almarhum saat itu.
Mungkin kalau orang tua lain di curhati seorang anaknya, akan langsung bilang sudah pulang saja anakku..Tetapi lain dengan alamarhum bapak saya. beliau bilang:
Bapak :" Rima, tahu Dunia pewayangan kan?(karena bapak adalah orang seni yang suka sekali dunia pewayangan sehingga saya juga sangat tahu dan suka dengan dunia pewayangan tersebut),
Iya, Jawab saya,"
Bapak: :Nah, tahu kan dengan tokok Werkudoro?(tokoh ini adalah toko yang selalu di bawakan bapak saat main di panggung wayang Orang), Nah Werkudoro mempunyai seoarang anak Laki laki yang sakti mondro guno, tahukan dia?
Iya, jawab saya, Gatot koco.
Bapak :"Ya, gatot koco, adalah seoarang yang sakti modro guno, tetapi saktinya bukan karena di beri begitu saja dengan ayahnya, tetapi saat lahir, dia langsung di jeburkan ke sebuah kawah yang sangat panas sekali, dengan maksud apa dewa menjeburkan dia di kawah panas tersebut,? dengan tujuan agar menjadi seoarang yang kuat, sakti.
Nah seperti saat itulah kamu seperti saat ini berada di kawah condro dimuko, yang sangat panas, yang sangat sengsara, yang sangat tidak menyenagkan..tetapi bapak yakin , bila kamu kuat menjalaninya, kuat melakoninya..sekali lagi bapak yakin kamu akan menjadi seoarang yang tahan uji, kuat,  tabah menjalani hidup yang sekeras apapun. bapak bisa saja menyuruh kamu pulang saat ini, bapak bisa membiayai kamu, tetapi bapak ingin melihat kamu menjadi seoarang yang kuat nantinya.

Nah..cambukan semangat bapak tersebut yang membuat saya bertahan,
Dan saya tetap meneruskan pekerjaan itu dan tidak pulang, saya lalui pekerjaan berat itu dengan semangat tinggi..
,




Mengenal Azas Kewarganegaraan di Korea selatan

Ada yang bertanya kepada saya tentang Kewarganegaraan Anaknya yang lahir di Korea, atas pernikahan sesama WNI di Korea. Juga kebetulan pas...