Monday 14 January 2008

Support seorang Ayahanda..


Kisah ini aku mulai disaat aku telah menginjak dewasa,Ayahandaku adalah seorang figur yang sangat aku hormati dan aku kagumi.Dia adalah seorang sosok yang sangat sederhana, tetapi mempunyai kharisma yang luar biasa dimata kami putri2nya.Karir nya sangat pesat melambung,tetapi tidak membuat ayahandaku berubah atas kepribadiannya yang sangat sederhana.Walaupun disaat itu berada diatas kedudukan jabatan tinggi tetapi tetap mengajarkan filsafat hidup"Low profil" kepada putri-putrinya(berhubung kami bersaudara adalah cewek semua). Masih ingat dibenakku pesan beliau "Kita boleh bangga pada ayah,tetapi tidak boleh bangga akan kedudukan ayah.harus kita tanamkakn prinsip "Inilah dadaku bukan ayahku".!Jadi kita hidup dimana berada akan menjadi sosok yang tidak sombong,tidak pernah membaggakan kedudukan orang tua,Kedudukan seseorang adalah kebetulan saja,dan hanya sementara sifatnya jadi tidak usah dibangga-banggakan!itulah yang selalu ditanamkan dihati kami.Dan ayahandaku adalah orang yang sangat mementingkan pendidikan, Beliau pernah bilang."Ayah tidak bisa memberikan kalian Harta warisan yang berubah harta benda yang melimpah,tetapi ayah menyekolahkan kalian ini sampai perguruan tinggi dan berhasil ,dan mengantongi ijazah,inilah warisan ayah, ini sebagai pancing untuk kehidupan kalian kelak.Dan ayahandaku selalu memberi support disaat aku mencoba hidup merantau ke luar negeri, walaupun sebenarnya ayah tidak tega melepaskkannku pergi merantau,tetapi dalam hatiku aku harus mencoba.Ini pengalaman hidupku,disaat aku merasakan kesengsaraan hidup diperantauan,Beliau bilang.."Hiduplah seperti seorang gatot kaca(tokoh dalam dunia pewayangan) disaat dia lahir harus dilempar ke kawah condrodimuko yang luar biasa panasnya,tetapi dewa punya maksud lain,agar kelak seorang Gatot kaca akan sakti dan tahan banting dalam menghadapi musuh-musuhnya,jadi seperti inilah hidupmu saat ini,putriku.Kelak engkau akan sanggup mengahadapi kehidupan yang seperti apapun kerasnya. Inilah filasafat hidup yang luar biasa dari ayahandaku tercinta.Dan semua ini memang membawa warna lain dalam kehidupanku saat ini yang tidak pernah aku pikirkan sebelumnya.Kutulis semua ini bukan maksud apa,tetapi inilah ungkapan hati kecilku terhadap ayahku yang saat ini tengah merayakan Ultahnya yang hampir menginjak kepala 7."Selamat ulang tahun Ayahandaku,terima kasih semuanya,walaupun saat ini ananda tidak bisa berkumpul merayakakan bersama keluarga besar kita,semoga ini semua dapt mewakili kehadiran ananda.Sekali lagi Selamat ulang Tahun Ayahanda,semoga panjang umur,..Tuhan berilah kesempatan kami untuk selalu membahagiakan Orang tua kami.Aminpf': july 1937 july 2006 Sount korea.july 2006


Note:tulisan ini pernah saya tulisan di http://www.tkikorea.com/ tertanggal 2006/7/22

Mengenal Azas Kewarganegaraan di Korea selatan

Ada yang bertanya kepada saya tentang Kewarganegaraan Anaknya yang lahir di Korea, atas pernikahan sesama WNI di Korea. Juga kebetulan pas...